Insentif Bebas PPN Genjot Permintaan Hunian Tapak, Purinusa Sukses Pasarkan 400 Unit Aryana

Pemberian insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) yang diberikan pemerintah untuk pembelian properti di 2021 lalu benar benar menjadi pendorong menggeliatnya penjualan properti di Tanah Air. Banyak pengembang meraih kenaikan penjualan berkat PPN DTP, seperti yang dirasakan pengembang PT Purinusa Jayakusuma. Pengembang perumahan Cluster Prima Aryana di Karawaci, Tangerang, ini sukses membukukan penjualan di 2021.

“Kebijakan pemerintah melalui Bank Indonesia yang mengeluarkan program bebas PPN selama 2021 mendorong konsumen untuk membeli properti kami," ungkap Herman, Direktur Operasional Aryana Karawaci di acara pre launching Cluster Prima Aryana, Rabu (12/1/2022). Dia menjelaskan, merespon PPN DTP ini sejak awal pihaknya menyiapkan unit hunian tapak di cluster ini agar dapat diserahterimakan di tahun yang sama dengan dukungan suku bunga rendah dari enam bank penyedia KPR yang menjadi mitra kerjasama. Herman mengatakan, pihaknya sangat terbantu oleh dukungan keenam mitra bank penyedia KPR karena proses KPR yang cepat.

Memasuki tahun keempat pengembangan Aryana Karawaci, pihaknyatelah membuka delapan cluster sebanyak 2.500 unit, seluruhnya mengusung konsep hunian tropical minimalis. Naiknya daya beli konsumen properti mendorong pihaknya berani menghadirkan cluster perumahan terbaru Prima Aryana di awal 2022 ini. Cluster yang baru dibuka ini terletak di pusat kawasan Aryana Karawaci di atas lahan seluas 1,5 ha dengan total 139 unit hunian tapak didukung jalan kawasan dengan lebar 7 12 meter. Desain infrastruktur jalan yang cukup lebar ini menurut Herman, untuk memudahkan penghuni yang ingin berolahraga atau menuju area komersial danwaterpark yang bisa dengan bersepeda ataupun berjalan kaki.

Terkait fasilitas Aryana Waterplay ini pihaknya memberikan akses gratis selama 2 tahun kepada pembeli cluster Prima. Ke depan pihaknya akan menambah fasilitas pendukung kawasan berupa pembangunan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Pertamina dan area komersial di depannya. Sianna Sutinah Rustanto, Direktur Utama PT Purinusa Jayakusuma mengatakan, selama 30 tahun menjadi developer perumahan, perusahaannya telah membangun 16 project hunian dengan total lahan terbangun 278 hektare.

Total hunian terjual mencapai 19.483 unit. "Khusus di tahun 2021, penjualan kami hampir tembus di 400 unit dengan rentang harga jual Rp 600 juta sampai Rp 900 juta untuk unit hunian dan Rp 800 juta sampai dengan Rp 1,2 miliar untuk unit komersial," ujarnya. Dia menjelaskan, tingkat hunian di area yang telah diserahterimakan ke konsumen mencapai 95 persen lebih. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh project yang dibangun berada di lokasi yang tepat dengan daya serap pasar yang bagus.

Sianna Sutinah Rustanto menambahkan, hunian ini dirancang untuk bisa langsung ditempati alias siap huni tanpa mengharuskan pembeli melakukan banyak renovasi lagi. Dia mencontohkan, inovasi pada layout hunian, memaksimalkan akses cahaya dan sirkulasi udara dan pemanfaatan sudut ruang termasuk dengan terpasangnya kanopi multi fungsi pada area carport untuk memastikan semua berfungsi maksimal. "Penambahan fitur digital smartlock pada pintu utama juga untuk memastikan keamanan lebih maksimal," beber Sianna.

Rita Megawati, Project Manager Konsultan Prima Aryana menambahkan, salah satu pendorong sukss penjualan kawasan Aryana Karawaci selama 2021 lalu karena lokasinya yang berada di akses penghubung kawasan perumahan besar yang dikelola beberapa pengembang besar seperti Lippo Karawaci, Summarecon Serpong dan Paramount Serpong serta Citra Raya. Karenanya, kedepannya pihaknya memberanikan diri membuka Kembali beberapa kawasan perumahan baru di area ini namun dengan tipe dan konsep hunian yang berbeda. Beberapa hunian yang selama ini dibangun Purinusa di kawasan Karawaci dan sekitarnya antara lain Sari Bumi Indah, Binong Permai, Puri Permai,Pondok Sukahati Indah, Nuansa Asri Laladon, Griya City Karawaci, Purinusa Asri Serua, Grande Karawaci, Grand View Karawaci, Ruko Golden Karawaci, Binong 1 Residence, Aladin Aquaplay, Aryana Aquaplay dan Aryana Karawaci.

Leave a Reply

Your email address will not be published.